Senin, 20 November 2017

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Tugas Seorang Supervisor - Pengertian Supervisor pendidikan. 
Arti supervisi datang dari bhs Inggris yang terbagi dalam dua akar kata, yakni super yang berarti “di atas”, serta vision memiliki makna “melihat”, jadi keseluruhannya supervisi disimpulkan jadi “melihat dari atas”. 

Dengan pengertian tersebut jadi supervisi disimpulkan jadi aktivitas yang dikerjakan oleh pengawas serta kepala sekolah jadi petinggi yang berkedudukan diatas atau lebih tinggi dari guru untuk lihat atau mengawasi pekerjaan guru. 

Dalam artian beda, Supervisi adalah satu kesibukan pembinaan yang direncanakan untuk menolong beberapa guru serta pegawai sekolah dalam lakukan pekerjaan mereka dengan efisien. Dengan hal tersebut hakekat supervisi pendidikan adalah satu sistem tuntunan dari pihak kepala sekolah pada guru-guru serta personalia sekolah yang segera mengatasi belajar beberapa siswa, untuk melakukan perbaikan kondisi belajar mengajar supaya beberapa siswa bisa belajar dengan efisien dengan prestasi belajar yang makin bertambah. Selain itu juga melakukan perbaikan kondisi bekerja serta belajar dengan efisien, disiplin, bertanggungjawab serta penuhi akuntabilitas. Sedang yang lakukan supervisi dimaksud supervisor 1 

Tugas Tugas Supervisor

Supervisor atau Pengawas unit pendidikan/sekolah adalah petinggi fungsional yang berkedudukan jadi pelaksana tehnis untuk lakukan pengawasan pendidikan pada beberapa sekolah spesifik yang ditunjuk/diputuskan dalam usaha tingkatkan kwalitas sistem serta hasil belajar/tuntunan untuk menjangkau maksud pendidikan (Pandong, A. 2003). 2 Dalam satu kabupaten/kota, pengawas sekolah dikoordinasikan serta di pimpin oleh seseorang koordinator pengawas (Korwas) sekolah/unit pendidikan (Muid, 2003). 3 

B. Prinsip Supervisi Pendidikan4 
Seseorang pemimpin pendidikan yang dikatakan sebagai supervisor dalam melakukan supervisi sebaiknya bertumpu pada prinsip supervisi pendidikan seperti berikut : 
1. Prinsip ilmiah (scientific) 
Prinsip ilmiah memiliki kandungan tanda-tanda seperti berikut : 
a. Aktivitas supervisi dikerjakan berdasar pada data objektif yang didapat dalam fakta proses sistem belajar mengajar. 
b. Untuk peroleh data butuh diaplikasikan alat perekam data seperti angket, observasi, serta pembicaraan pribadi. 
c. Tiap-tiap aktivitas supervisi dikerjakan dengan systematis, merencanakan serta kontinu. 

2. Prinsip demokratis 
Demokratis memiliki kandungan arti menjunjung tinggi harga diri serta martabat guru bukanlah berdasar pada atasan serta bawahan walau demikian berdasar pada rasa kesejawatan. Servis serta pertolongan yang didapatkan pada guru berdasar pada hubungan kemanusiaan yang akrab serta kehangatan hingga guru-guru terasa aman untuk meningkatkan tugasnya. 

3. Prinsip kerja sama 
Meningkatkan usaha dengan atau menurut arti supervisi berbagi of idea, berbagi of experience, berikan dukungan mendorong, merangsang guru, hingga mereka terasa tumbuh dengan. 

4. Prinsip konstruktif serta kreatif 
Tiap-tiap guru juga akan terasa terpacu dalam meningkatkan potensi kreatifitas. Bila supervisi dapat membuat situasi kerja yang mengasyikkan bukanlah dengan beberapa cara yang menakutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar