Selasa, 19 September 2017

Cara Mengurus STR Perawat

Cara Mengurus STR Perawat

Cara Mengurus STR Perawat -  Home  str  Langkah Mengurusi STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat Dengan Offline 
Langkah Mengurusi STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat Dengan Offline 
author foto Perawat Indonesia 
Advertisement 

Langkah Mengurusi STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat Dengan Off line - Artikel ini yaitu pengalaman aku dalam mengurusi STR dengan off line dengan kata lain datang segera ke kantor MTKP serta P2T. Apakah itu kantor MTKP? MTKP atau Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi adalah unit fungsional dari Tubuh Pengembangan serta Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementrian Kesehatan yang ada di bawah koordinasi MTKI (Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia). Sedang P2T yaitu Service Perizinan Terpadu yang mengurusi problem perizinan atau non perizinan yang berada di sebagian SKPD (Unit Kerja Piranti Daerah). Serta perawat adalah satu diantara badian SKPD yang ada di bawah Dinas Kesehatan yang mencakup unit-unit service kesehatan berkaitan seperti rumah sakit serta puskesmas 

Curabitur placerat est sem 

Langkah Mengurus STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat 


Dalam mengurusi STR untuk yang awal kali nyatanya sekarang ini memanglah banyak yang dirasakan, salah nya ialah mesti lengkapi syarat-syarat serta sebagai tantangan sendiri dalam mengurusi STR ini yaitu mesti mendatangi kantor MTKP serta P2T sehari terlebih dulu bila yang berkaitan datang dari luar lokasi. Jadi haru bermalam terlebih dulu, hal semacam ini dikerjakan supaya memperoleh antrian paling depan waktu mengurusi STR 

Serta tersebut pengalaman aku waktu mengurusi STR... 
Sebelumnya mengurusi STR, buat persiapan lebih dahulu sebagian berkas-berkas yang dibutuhkan, minuman dan makanan buat beberapa jagalah serta pastinya pergi lebih awal ke kantor MTKP Dinkes Propinsi, karna aku berasal Probolinggo jadi aku menuju ke MTKP Dinkes Jawa timur. Serta karna kantor MTKP itu lumayan jauh jadi aku pergi sehari terlebih dulu serta bermalam disekitaran kantor itu. Karna aku cowok, aku pilih berdiam di dalam masjid serta pastinya memohon izin ke pengurus masjid di sana, bahkan juga ada rekan aku yang hingga bergadang disekitaran kantor MTKP, temani penjaga warung sembari minum kopi... Benar-benar satu perjuangan yang tidaklah perlu diulang 

Sesudah ada di kantor MTKP yang beralamatkan di Jl. Ahmad Yani Surabaya itu. Di kantor ini maksudnya yaitu untuk memperoleh Surat Referensi dalam mengurusi STR yang dikerjakan di kantor P2T. Di kantor MTKP, berkas-berkas yang butuh disiapkan yaitu : 
Foto copy Sertifikat Uji Kompetensi yang sudah dilegalisir sejumlah 1 lembar. Bila sertifikat uji kompetensi rangkap 2, foto copy saja semuanya 
Foto copy lembar pengumuman kelulusan uji kompetensi sejumlah 1 lembar. 
Foto copy ijazah serta transkrip nilai, semasing sejumlah 1 lembar yang sudah dilegalisir. Banyak yang menyebutkan, ijazah tidaklah perlu dilegalisir, tetapi aku anjurkan untuk tetaplah dilegalisir, toh tidak ada ruginya 
Nah itu saja kriterianya. Tetapi jadi catatan karna dikuatirkan ada perubahan ketentuan serta kriteria alangkah sebaiknya untuk mempersiapkan semua dengan lengkap dari tempat tinggal. Jadi untuk fotocopian berkas-berkas yang dibutuhkan yaitu foto copy semua dari tempat tinggal serta buat persiapan minimum 5 - 10 lembar fotocopian. Ingat, janganlah foto copy disekitaran kantor MTKP. Diluar itu bawa juga berkas-berkas kriteria yang Asli 

Jadi catatan juga. Waktu mengurusi STR baru alangkah sebaiknya bila dikerjakan dengan bersama dengan rekan Kamu atau dengan kolektif. Karna sesuai sama pengalaman, pengurusan STR dengan kolektif juga akan memudahkan serta percepat sistem Surat Referensi. Mengapa mesti dengan kolektif? Tidakkah selesainya masa berlaku STR semasing perawat berlainan serta sesuai sama tanggal serta bulan lahir mereka? Memanglah benar, walau berlainan masa berlaku tetapi aku percaya jarak masa berlaku STR antar perawat tidaklah terlalu jauh. Walau berlainan 2 - 5 bulan, tambah baik diurus bersama-sama 

Nah sesudah menanti sekitaran nyaris 3 jam di kantor MTKP, pada akhirnya aku serta ke-6 rekan aku memperoleh Surat Referensi yang dipakai jadi satu diantara prasyarat untuk mengurusi STR ke kantor P2T. Alhamdulillah... 

Setelah itu sesudah memperoleh Surat Referensi itu, aku serta sebagian rekan aku menuju ke kantor P2T yang berada di Jl. Pahlawan Surabaya. Berkas-berkas yang dibutuhkan di kantor P2T ini dimasukkan dalam map warna merah. Tetapi untuk hindari perubahan ketetapan problem Map ini, buat persiapan saja semuanya map warna kuning, hijau, serta merah karna saat kita mempersiapkan map warna merah nyatanya yang disuruh map warna kuning oleh petugas yang mengecek kelengkapan berkas-berkas serta pengambilan nomor antrian 

Berkas-berkas yang butuh disediakan yang dimasukkan dalam map warna merah yaitu : 
Foto copy ijasah serta transkrip nilai yang sudah dilegalisir masing2 1 lembar 
Foto copy Sertifikat Uji Kompetensi yang sudah dilegalisir sejumlah 1 Lembar. Bila rangkap 2, foto copy semuanya 
Foto copy Sumpah Profesi yang sudah dilegalisir sejumlah 1 lembar 
Surat Info Sehat dari Lembaga Pemerintah (ASLI). Dapat dari puskesmas atau tempat tinggal sakit 
Surat Referensi dari MTKP Dinkes Provinsi 
Materai 6000 sejumlah 1 Lembar. Tambah baik siapkan dari tempat tinggal, minimum 3 materai 
Cocok Photo Berwarna dengan latar belakang MERAH ukuran 4x6 sejumlah 2 lembar serta ukurann 3x4 sejumlah 1 lembar. Jadi anjuran, siapkan juga cocok photo dengan latar belakang biru dengan ukuran yang sama. Karna di kuatirkan ada perubahan ketentuan 
Sesudah berkas-berkas yang di check telah lengkap oleh petugas, setelah itu mintalah Form permintaan pengurusan yang ada di bagian Kantor Help. Isi form permintaan itu sesuai sama data-data yang disuruh. Pada form permintaan, janganlah lupa untuk tempelkan materai 6000 yang sudah disiapkan serta ditandatangi. Di bagian ini, Kamu akan memperoleh Nomor Antrian, ada 3 lembar. Serta kebetulan aku serta sebagian rekan aku memperoleh nomor Antrian ke 20 heheee. Tidak percuma kami datang lebih awal... 

Sesudah mednapatkan nomor antrain, setelah itu duduk manis serta menanti panggilan yang berada di Loket A. Sesudah di panggil aku menuju ke Loket A serta menyerahkan berkas-berkas yang sudah aku buat persiapan serta menyerahkan 1 lembar nomor Antrian aku. 

Sesudah dari Loket A, setelah itu aku menanti panggilan dari Loket C. Di bagian loket C ini aku menuliskan Nomor KTP serta Nomor STR. Jadi dalam hal semacam ini, Kamu tidaklah perlu sediakan fotocopian KTP. Namun masih tetap jadi sara, tambah baik siapkan saja fotocopiannya. Walau tidak dipakai, toh tetaplah dipakai masa datang :) Bagaimana bila tidak miliki KTP? Dapat menggantinya dengan SIM atau Paspor. Diloket ini aku menanti panggilan cukup lama 

Sesudah dari loket C, setelah itu antri di Loket B. Di loket berikut aku memperoleh apa sebagai maksud aku yakni STR atau Surat Tanda Registrasi Perawat. Benar-benar begitu bahagia saat STR telah ada ditangan... Alhamdulillah 

Jadi catatan : 
Untuk fotocopian berkas-berkas serta yang lain, tambah baik disiapkan dari rumah 
Untuk kriteria, cari informasi paling baru kriteria mengurusi STR. Informasi terupdate dapat di tanyakan di kantor PPNI paling dekat 
Mengurusi STR tidak dipungut cost sepeserpun 
Janganlah diwakilkan karna bila diwakilkan pengurusan STR juga akan memerlukan saat yang lebih lama serta syarat-syarat penambahan seperti Surat Kuasa dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar